BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Berabad-abad umat islam berkubang dalam Lumpur
kemunduran diberbagai aspek kehidupan, baik politik, ekonomi,
keagamaan, maupun social budaya. Segala kemunduran pendidikan islam
mulai tampak setelah abad ke 13 m, yang di tandai dengan terus
melemahnya pemikiran islam sampai abad ke 18 M.
Oleh karena itu, sebelum kita sampai pada
penjelasan tentang pembaruan pendidikan islam, kamisebagai pemakalah
ingin menjelaskan terlebih dahulu tentang kemunduran umatislam di
berbagaibidang, termasuk bidang pendidikan islam. Dengan
maksud , agar kita mengetahiui latar
belakang yang ada dibalik gerakan pembaruan pendidikan islam.
- Rumusan Masalah
- Apa faktor-faktor yang mempengarui runtuhnya Baghdad dan spanyol?
- Apa akibat runthnya Baghdad dan spanyol terhadap pendidikan islam?
- Tujuan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan
yang hendak di capai adalah untuk mengetahui sejarah masa kemunduran
islam, agar mahasiswa lebih mengetahui lagi bagaimana perjuangan
khalifah ada zaman dhulu mulai sejarah pendidikan sampai masa
kemunduran sekarang.
BAB
II
PEMBAHASAN
- Pasca Runtuhnya Baghdad ( Bani Abbasyiah ) dan spanyol ( Bani Umayyah II )
- Faktor Jatuhnya Baghdad
Sebagai
sebuah pemerintahan yang pernah
mengalami kejayaan juga mengalami kemunduran. Pada masa kehancuran
ini ditandai dengan jatuhnya Baghdad pada masa kholifah ke – 5 dari
bani abbas, yakni Al mu’tashim (656 H/ 1258M). factor-faktor yang
membuat Baghdad menjadi lemah dan hancur terprediksi menjadi factor
intern dan factor ekstern.
A.
Factor Intern
- konflik internal keluarga istana
Adanya
perebutan kekuasaan dikalangan anak-anak kholifah yang sering membawa
kehancuran mereka.
- Tampilnya Dominasi Militer
Dalam
perkembangannya, jajaran-jajaran militer secara perlahan dapat
membangun kekuatan didalam daulah dan juga memgendalikan jalannya
administrasi pemerintah daulah abbasiyah yang didukung dengan
lemahnya kholifah-kholifah sehingga tidak mampu mengimbangi kekuatan
militer yang semakin berkuasa.
- Permasalahan Keuangan
Pemasukan
negara menjadi semakin kecil, yang disebabkan banyaknya pajak macet,
makin menyempit wilayah kekuasaan serta pembengkakan dana keluar juga
terjadi akibat kehidupan kholifah dan pejabat yang bermewah-mewah
dalam pemerintahan.
- Berdirinya Dinasti-Dinasti Kecil
Pemerintahan
yang seamkin lemah menyebabkan munculnya pemberontakan–pemberontakan
diberbagai daerah yang membentuk dinasti-dinasti kecil melepaskan
diri dari bani Abbasiyah.
- Luasnya wilayah
Luasnya
wilayah yang harus dikendalikan, merupakan suatu sebab lambatnya
penyampaian informasi dan komunikasi.
B.
Faktor Ekstern
- Perang Salib
Adanya
perang salib merupakan simbol
pendidikan agama yang timbul atas ketidak senangan komunitas Kristen
terhadap perkembangan islam di eropa.
- Serangan Tentara Mongol
Serangan
mongol ini terjadi di beberapa wilayah islam
sehingga memporak porandakan
kota-kota pedidikan islam.
- Factor Jatuhnya Spanyol
a).
Factor Intern
- Tidak jelasnya sistem peralihan kekuasaan yang menyebabkan munculnya perebutan kekuasaan diantara ahli waris. Konflik inilah yang menyebabkan ditaklukkannya sebuah dinasti oleh dinasti lain.
- Lemahnya figure dan karismatik yang di miliki kholifah khususnya sesudah kholifah Al- hakam II.
- perselisihan dikalangan umat islam karena perbedaan suku dan kelompok.
- Munculnya kerajaan-kerajaan kecil yang saling merebut kekuasaan. Bahkan antar dinasti satu dengan yang lain tidak segan menyatu dengan seuah kerajaan Kristen untuk menghancurkan dinasti lain.
b)
Faktor ekstern
Adanya
konflik islam dengan Kristen, kebijakan para penguasa muslim tidak
melakukan islamisasi secara
sempurna, tetapi membiarkan orang-orang kristen
mempertahankan hukum
dan tradisi mereka. Padahal kehadiran Arab/Islam telah memperkuat
rasa kebangsaan orang-orang spanyol.
- Akibat Runtuhnya Bagdad Dan Spanyol Terhadap Pendidikan Islam.
Pada
masa jayanya pendidikan islam, terhadap dua pola yang menghiasi dunia
islam yakni, pola pemikiran sufistis dan pola pemikiran rasional.
yang keduanya saling berlomba
mengembangkan diri dan mempunyai pengaruh besar dalam pengembangan
pola pendidikan umat islam.
namun setelah pemikiran rasional
diambil alih pengembangnya oleh dunia (EROPA) dan dunia islam pun
meninggalkan pola berpikir terebut, maka dalam dunia islam hanyalah
tinggal pemikiran sufistis sehingga mengabaikan dan tidak menghasikan
perkembangan budaya islam yang bersifat material. dari kedua aspek
inilah pendidikan dan kebudayaan islam mengalami kemandekan, yakni:
a)
Berlebihannya Filsafat Islam
(Yang Bersifat Sufistik)
Keadaan
frustasi dikalangan umt islam yang menyebabkan manusia kembali pada
tuhan (bersatu). sebagaimana yang diajarkan oleh para sufi. di dalam
kehidupan mereka berkembang pesat madrasah madrasah yang diwarnai
dengan kegiatan kegiatan sufi dimasukkan kedalam kurikulum yang
formal, kurikulum akademis dominasi dengan buku buku sufi. dan mereka
mulai mengembangkan benih benih organisasi sosial dan sebuah misi
kemasyarakatan yang mengarahkan padahal yang diistilahkan dengan
intelektual.
b) Sedikit Kurikulum Islam
Hal
ini tampak jelas dengan menyempitnya bidang pengetahuan umum dengan
tiada perhatian kepada ilmu ilmu alam,maka kurikulum madrasah
madrasah pada umumnya terbatas pada ilmu ilmu keagamaan,ditambah
dengan sedikit gramatika dan bahasa sebagai alat yang diperlukan.ilmu
ilmu keagamaan yang murni (tafsir, hadist, fiqih, dan ushul fiqih,
ilmu kalam, dan teologi islam) sudah mulai tertinggal karena
penyempitan kurikulum tersebut. sedangkan waktu yang diperlukan untuk
menyelesaikan study relatif singkat, sistem pelajaran pun sangat
minim karena sistem pelajaran masa itu berorientasi pada buku
pelajaran dengan kurikulum yang sangat sempit.
BAB
III
PENUTUP
3.1.kesimpulan
3.1.1.faktor
faktor yang mempengaruhi runtuhnya bagdad dan spanyol.
a.faktor
runtuhnya bagdad
1.)faktor
intern
2.)faktor
ekstern
b.faktor
runtuhnya spanyol
1.)faktor
intern
2.)faktor
ekstern
3.1.2.akibat
runtuhnya bagdad dan spanyol terhadap pendidikan islam
a.)berlebihnya
filsafat islam
b.)sedikitnya
kurikulum islam
c.)tertutupnya
pintu ijtihad
3.2.saran
Dari
makalah ini penulis mengharapkan agar para pembaca dan khususnya
INKAFA dapat membandingkan sejarah pendidikan masa lalu dan maswa
sekarang serta dapat berhati hati dalam melaksanakan pendidkan.
DAFTAR
PUSTAKA
zuhairini,dkk.1994.sejarah
pendidikan islam.jakara:Bumi aksara.
Asrohah,Hanun.2001.sejarah
pendidikan islam.ciputat:logos wacana ilmu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar